VoIP (Voice over Internet Protocol)

VoIP secara gampangnya adalah telepon dengan internet. VoIP sendiri singkatan dari Voice over Internet Protocol.  Secara bagusnya gini, VoIP adalah teknologi telepon (percakapan jarak jauh) melalui media internet protokol, data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan internet dan bukan lewat sirkuit analog seperti telepon biasa.

Secara sederhana sistem VoIP bisa dua buah komputer (dengan software VoIP)  terhubung dengan internet, dan masing-masing komputer mempunyai soundcard dan terhubung dengan speaker dan mic, sehingga bisa saling terhubung.

Sebenarnya tujuan utama dari VoIP adalah minimalisasi biaya telepon. Hal ini bisa dilihat jika kita melakukan Sambungan Langsung Internasional (SLI) dengan PSTN biayanya sangat mahal, tapi dengan VoIP cukup dengan membayar koneksi internet. Pada perkembangannya VoIP tidak hanya antar PC, namun juga bisa PC dengan telepon biasa/seluler.

Konfigurasi VoIP:

1. PC dengan PC­

Konfigurasi menghubungkan antara terminal PC dengan PC lainnya menggunakan perangkat router. Proses encoding, kompresi, dan enkapsulasi terjadipada PC. Sedangkanrouter bertugas mengenali IP Address tujuan yang terdapat pada datagramdan merutekan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.Aplikasi yang digunakan pada terminal PC menggunakan softwaresoftphone atau berupa aplikasi tertentu seperti Neetmeetingatau sejenisnya.

2. PC dengan telepon biasa atau sebaliknya

Konfigurasi ini menghubungkan antara terminal PC dengan terminal telepon atau sebaliknya dengan menggunakan suatu gateway untuk proses konversi suara menjadi data dan sebaliknya. Konfigurasi ini dapat menghubungkan antara terminal user dengan basis PSTN dengan terminal user yang berada di jaringan IP.

3. Telepon dengan telepon

Konfigurasi phone to phone Konfigurasi ini menghubungkan antara telepon dengan telepon dengan melewati jaringan IP dengan menggunakan perangkat VoIP Gateway yang berfungsi untuk melakukan konversi voice menjadi data dengan proses paketisasi dan sebaliknya.

Regulasi VoIP di Indonesia

Apakah legal menggunakan VoIP? Tidak semua VoIP ilegal. Tidak semua Internet Telepon membutuhkan ijin Menteri (pemerintah). Bahkan sebetulnya, sebagian besar VoIP dapat dilakukan tanpa perlu ijin sama sekali.

Hukum yang mendasari VoIP adalah Pasal 60 dari Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 21 Tahun 2001 Tentang Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi, yang bunyinya, “Penyelenggaraan jasa internet telepon(VoIP-red) untuk keperluan publik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 46 ayat (1) huruf d merupakan penyelenggaraan internet telepon (VoIP-red) yang bersifat komersial, dihubungkan ke jaringan telekomunikasi”.

Sementara Pasal 46 dari KM 21 Tahun 2001 pada dasarnya menjelaskan berbagai layanan multimedia, yang jelasnya adalah:

Bagian Keempat

Penyelenggaraan Jasa Multimedia

Pasal 46

(1)Penyelenggaraan jasa multimedia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf c terdiri atas:

a.jasa televisi berbayar;

b.jasa akses internet (intemet service provider);

c.jasa interkoneksi internet (NAP);

d.jasa internet teleponi untuk keperluan publik;

e.jasa wireless access protocol (WAP);

f.jasa portal;

g.jasa small office home office (SOHO);

h.jasa transaksi on-line;

i.jasa aplikasi packet-switched selain sebagaimana dimaksud dalam huruf a, b, c, d, e , f, g dan huruf h.

(2)Penyelenggaraan jasa multimedia selain sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) ditetapkan oleh Direktur Jenderal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s